Contact Form

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Gempa Baru Saja Apa Yang Harus Dilakukan

Gempa Baru Saja, Apa yang Harus Dilakukan?

Tetap Tenang dan Aman

Saat gempa terjadi, hal terpenting adalah tetap tenang dan aman. Jangan panik, karena hal itu dapat memperburuk keadaan. Lindungi kepala dan leher Anda dengan menutupinya menggunakan tangan atau benda apapun yang ada di sekitar Anda. Jika memungkinkan, berlindunglah di bawah meja atau benda kokoh lainnya.

Jika Anda Berada di Luar Ruangan

* Cari tempat terbuka yang jauh dari bangunan, pohon, atau kabel listrik. * Jangan berlindung di dekat tebing atau lereng yang curam. * Jika Anda berada di tempat ramai, jangan berdesakan atau mencoba melarikan diri melalui pintu.

Setelah Gempa Berhenti

* Segera periksa apakah Anda atau orang lain mengalami luka-luka. * Jika Anda terjebak di dalam gedung, jangan gunakan lift. Gunakan tangga sebagai gantinya. * Keluar dari gedung dengan hati-hati dan periksa adanya kerusakan. * Jika Anda berada di luar ruangan, tinggallah di tempat terbuka sampai gempa susulan berhenti.

Persiapan Diri Sebelum Gempa

* Miliki perlengkapan darurat yang berisi makanan, air, obat-obatan, senter, dan peluit. * Pastikan rumah Anda aman dengan mengamankan benda-benda berat dan memperbaiki retakan pada dinding. * Buat rencana darurat dengan anggota keluarga Anda dan pastikan semua orang tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa.

Informasi Tambahan

* Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik. * Gempa bumi dapat berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit. * Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan parah pada bangunan, infrastruktur, dan lingkungan. * Gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Namun, beberapa daerah lebih rentan terhadap gempa bumi daripada yang lain.


Comments